Rabu, 24 Mei 2023

Koordinasi dan Sinkronisasi Pengawasan Peredaran Sarana Pertanian Tahun 2023 UPT UPSBP Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat

 


Serangan hama dan penyakit pada tanaman dapat terjadi mulai fase benih, pembibitan, tanaman belum menghasilkan, tanaman menghasilkan sampai dengan periode pasca panen. Benih dan bibit sehat penting dijaga salah satunya melalui upaya pencegahan dan pengendalian serangan hama dan penyakit. Pengenalan OPT tanaman perkebunan penting dilakukan sejak awal melalui kegiatan pengamatan  yang dilakukan secara rutin. melalui identifikasi OPT pada pembibitan yang akurat akan dapat disusun rencana pengendalian yang hendak dilakukan sehingga mampu mencegah dan mengurangi kerusakan tanaman akibat serangan hama dan penyakit sehingga kesehatan bibit/benih tetap terjaga sampai saat penanaman di lapangan tiba.

Terkait pembahasan tersebut, BPTP Pontianak telah memenuhi undangan dari UPT. Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat untuk menghadiri Acara Koordinasi dan Sinkronisasi Pengawasan Peredaran Sarana Pertanian Tahun 2023 yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 22-24 Mei 2023 di Hotel Star Pontianak sebagai narasumber.


Dalam presentasi yang dihadiri oleh dinas kabupaten/kota yang membidangi perbenihan perkebunan se-Kalimantan Barat dan Produsen Benih Perkebunan, BPTP Pontianak menjabarkan materi tentang Pengamatan dan Identifikasi OPT pada Benih Tanaman Perkebunan yang disampaikan oleh Kepala Sub Koordinator Substansi Pelayanan Teknis BPTP Pontianak serta materi tentang Teknis Pengendalian OPT (Pengenalan Pestisida, Teknis Penggunaan/Penyimpanan dan Pemusnahan) Serta Pengendalian OPT pada Benih Perkebunan yang disampaikan oleh Kepala Brigade Proteksi Tanaman (BPT) BPTP Pontianak pada tanggal 23 Mei 2023.  

Materi Presentasi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar