Sabtu, 22 Oktober 2011

Pelatihan Pengendalian Kumbang Janur Kelapa BPTP Pontianak

Pelatihan Pengendalian Kumbang Janur Kelapa BPTP Pontianak
(BPTP Pontianak, 18 Oktober 2011)


Pontianak. Secanggih-canggihnya peralatan dan metode pengendalian OPT akan tidak optimal tanpa diikuti dengan sumberdaya pelaksananya. Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak menyadari urgensinya hal tersebut, dan memang sangat berkepentingan untuk meningkatkan sumberdaya manusianya karena instansi ini merupakan salah satu ujung tombak dalam kegiatan perlindungan perkebunan khususnya di Kalimantan Barat. Tahun 2011 ini kegiatan peningkatan mutu SDM di BPTP Pontianak di bidang teknis cukup banyak dilakukan baik dengan cara mengirim SDM teknis untuk menimba ilmu ke instansi yang lebih berpengalaman hingga mendatangkan pemateri yang berkompeten untuk membagi ilmunya di BPTP Pontianak. Diantara kegiatan tersebut adalah pelatihan GPS dan implementasinya, pelatihan Pemetaan dan Peramalan OPT Perkebunan di BBPOPT Jatisari, pelatihan Pengembangan NPS (Nematoda Patogen Serangga) di Universitas Negeri Jember, Pengiriman tenaga teknis untuk training sekitar Perlindungan Kakao di Puslitkoka Jember, Pertemuan Teknis Petugas Pengamat UPPT dan yang terbaru adalah pelatihan Tehnik Pengendalian Hama Kumbang Janur Kelapa.



Pelatihan tehnik pengendalian hama kumbang janur kelapa dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Oktober 2010 di BPTP Pontianak dengan mendatangkan Bapak Kamaruddin dari UPT Proteksi Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tengah. Pelatihan yang diikuti oleh seluruh staf teknis dari Unit LUPH (Laboratorium Utama Pengendalian Hayati), LL (Laboratorium Lapangan) dan BPT (Brigade Proteksi Tanaman) diawali dengan presentasi materi dan tanya jawab tentang Pengendalian Kumbang Janur Kelapa di Ruang Pertemuan, dilanjutkan dengan Praktek Pengembangan Parasitoid Kumbang Janur Kelapa (Brontispa longissima) Tetrastichus brontispae di Laboratorium Hama Unit LL dari mulai eksplorasi, perbanyakan massal, aplikasi parasitoid dan metode evaluasi.


Komoditas kelapa merupakan salah satu komoditas unggulan di Provinsi Kalimantan Barat dan upaya pengembangannya masih terkendala oleh banyak masalah. Diantaranya adalah pemeliharaan tanaman yang sangat kurang, umur tanaman kelapa yang dominan sudah tua, dan banyaknya organisme pengganggu tanaman (OPT)  yang menyerang kelapa. Salah satu yang utama adalah kumbang janur kelapa ini. 


Dengan adanya pelatihan tehnik pengendalian hama kumbang janur, terlebih dengan titik berat pengendalian secara hayati baik menggunakan jamur entomopatogen maupun parasitoid dan predator, diharapkan BPTP Pontianak dapat memiliki SDM yang cukup terlatih dan terampil untuk dapat mengawal kegiatan perlindungan tanaman perkebunan yang ramah lingkungan khususnya kelapa di Kalimantan Barat.

by  erlanardianarismansyah

Foto Pelatihan :

Presentasi tentang kegiatan pengendalian kumbang janur kelapa di Sulawesi Tengah

penjelasan dan peragaan agen hayati yang digunakan dalam pengendalian kumbang janur kelapa di Sulteng

 para peserta pelatihan antusias mengikuti praktek pengembangan parasitoid Tetrastichus brontispae

 peserta pelatihan dengan cermat mengamati sampel parasitoid


Diskusi dan pertanyaan bertubi-tubi oleh peserta pelatihan cukup merepotkan bagi pemateri. Tapi hal in pertanda baik akan seriusnya peserta mengikuti pelatihan

 Praktek pengamatan larva parasitoid yang ada di dalam tubuh kumbang janur... cukup sulit juga ya.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar