Jumat, 03 Mei 2013

Stand BPTP Pontianak di Pameran PEDA ke IX dan Temu Karya KTNA Provinsi Kalimantan Barat

Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) digelar untuk yang ke IX kalinya. Berbagai macam acara dimeriahkan oleh para kontingen KTNA se Kalbar, juga para pendamping dari dinas instansi terkait, baik dinas instansi provinsi maupun kabupaten/kota. Ada acara rembug madya, pameran, dan berbagai macam acara temu-temuan. Salah satunya adalah Temu Karya. Menurut Peraturan Menteri Pertanian No. 52/Permentan/OT. 140/12/2009 tentang Metode Penyuluhan Pertanian, yang dimaksud Temu Karya adalah pertemuan antar pelaku utama (petani/keluarganya) untuk bertukar pikiran dan pengalaman serta belajar atau saling mengajarkan sesuatu pengetahuan dan keterampilan untuk diterapkan. Bentuk kegiatannya merupakan ungkapan pengalaman seseorang yang telah berhasil menerapkan suatu teknologi baru dibidang usaha taninya. Definisi yang lain tentang Temu Karya adalah : pertemuan sesama pelaku utama dan pelaku usaha untuk tukar menukar informasi, pengalaman dan gagasan dalam kegiatan usaha tani.

Temu Karya yang diadakan dalam kegiatan PEDA KTNA IX di Bumi Sebalo Bengkayang Kalimantan Barat bertujuan untuk mempertemukan dan menampilkan hasil karya dari perwakilan KTNA 14 Kabupaten/Kota.  Para peserta temu karya dapat saling tukar menukar informasi dan karya mereka, sehingga sepulangnya dari PEDA  diharapkan karya-karya yang dipertunjukkan dan ditampilkan dapat diterapkan di daerah masing-masing.  Temu karya dilaksanakan pada Tanggal 30 April 2013 bertempat di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kab. Bengkayang. Peserta yang hadir adalah perwakilan dari 8 (delapan) kabupaten yaitu : Kabupaten Bengkayang, Sambas, Pontianak, Kubu Raya, Sanggau, Sintang, Ketapang, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam Temu Karya diadakan lomba beraneka ragam karya berupa teknologi dan peralatan dari masing-masing perwakilan kabupaten

BPTP Pontianak sebagai salah satu UPT Pusat berpartisipasi aktif dalam acara ini sebagai peserta pameran dan mengirimkan berbagai bahan pameran khususnya seputar teknologi Perlindungan Tanaman Perkebunan baik dalam bentuk display produk teknologi perlindungan yang dihasilkan oleh BPTP Pontianak, maupun berbagai informasi teknis serta kegiatan-kegiatan perlindungan perkebunan yang dilakukan oleh BPTP Pontianak.

Berbagai teknologi dan informasi perkebunan disediakan dalam stan UPT Perkebunan dari mulai display produk agen hayati, sampel benih, banner, poster, leaflet, keping VSD, Buletin, pestisida nabati, koleksi OPT dan lain-lain. Dengan bahan pameran yang bervariasi, membuat banyak pengunjung terutama pelajar untuk datang ke stan dan antusias terhadap pameran yang disediakan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar