Sabtu, 28 Desember 2019

PROGRAM PENINGKATAN SDM SECARA MANDIRI BERBENTUK KUNJUNGAN PETANI KELAPA DESA JELU AIR KE BPTP PONTIANAK


Salut...!!! Kata yang langsung terlintas di kepala saya ketika mengetahui ada sebuah desa yang memfasilitasi para warganya (sekitar 30 petani) untuk bisa berkunjung ke kantor kami secara swadaya dengan inisiatif sendiri. Itulah kesan ketika kami menerima kunjungan dari Desa Jelu Air Kecamatan Jawai Selatan Kabupaten Sambas ke kantor BPTP Pontianak. Padahal jaraknya bukan main-main jauhnya (kalau dilihat pada google map sekitar 303 km dari Pontianak. Woww!!!!) dan harus menyeberangi satu penyeberangan kapal ferri lagi. Kesungguhan yang bukan main-main.



Dengan kegiatan berjudulkan : "PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK PERTANIAN DAN PERKEBUNAN DESA JELU AIR KECAMATAN JAWAI SELATAN TAHUN ANGGARAN 2019", sekitar 30 petani peserta didampingi oleh aparat pemerintahan Desa Jelu Air pada tanggal 16 Desember 2019 berkunjung ke Balai Proteksi Tanaman Pontianak dengan tujuan berkonsultasi, menambah keterampilan dan pengetahuan seputar teknologi perlindungan perkebunan khususnya tanaman kelapa sesuai dengan tema diatas. Setelah menginap satu malam di Asrama BPTP Pontianak, keesokan harinya kedatangan rombongan langsung disambut hangat oleh Kepala BPTP Pontianak Ir. Bapak Sajarwadi, M.Agr di Ruang Pertemuan Oleovera BPTP Pontianak.



Selama berkunjung di  BPTP Pontianak, rombongan berkesempatan untuk menimba pengetahuan tentang teknologi perlindungan perkebunan dengan adanya sesi presentasi materi seputar teknologi dan informasi yang dikuasai oleh BPTP Pontianak dan tentu saja termasuk oleh Unit Brigade Proteksi Tanaman (BPT) mengenai pengenalan peralatan pengendalian OPT perkebunan. Setelah pemberian materi presentasi oleh beberapa staf teknis BPTP Pontianak, kemudian rombongan diajak untuk berkeliling mengunjungi komplek kantor BPTP Pontianak melihat fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh BPTP antara lain mengunjungi Laboratorium Identifikasi OPT, Laboratorium APH, Klinik Tanaman BPTP Pontianak dan diakhiri dengan melakukan praktek pengoperasionalan peralatan pengendalian yang ada di Unit BPT.

Kalau peserta antusias, kamipun lebih antusias lagi.... 😍




Kunjungan singkat ini diakhiri dengan penutupan dan kesan pesan dari perwakilan rombongan dan dari BPTP Pontianak.  Pesan dari rombongan bahwa besar harapan agar komunikasi, koordinasi dan bantuan teknis BPTP terhadap petani di desa Jelu Air tidak berhenti sampai disini dan terus berkesinambungan. 

Atas antusiasme yang begitu besar, maka tahun 2020 ini, BPTP Pontianak merencanakan untuk melanjutkan hubungan yang telah terjalin dengan menunjuk salah satu kelompok tani di Desa Jelu Air yaitu Kelompok Tani Bintang, menjadi calon peserta kegiatan Pembentukan dan Pelatihan Regu Proteksi Kelompok Tani Tanaman Perkebunan tahun anggaran 2020.    

Sampai bertemu kembali di Jelu Air....... Insya Allah

(ear, 2019/2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar