Kamis, 08 Juni 2023

SOSIALISASI PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TUMBUHAN (OPT) DENGAN PENERAPAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN KUBU RAYA 7 JUNI 2023

 


Tidak dapat dipungkiri penggunaan bahan kimia berbentuk pestisida dan pupuk sintetik masih mendominasi dalam usaha tani di dunia pertanian kita terutama dalam lingkup perlindungan tanaman terhadap serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Penggunaan bahan kimia yang tidak bijaksana tidak saja berdampak negatif terhadap lingkungan dan ekosistem tetapi juga terhadap kesehatan dan keselamatan dari manusia itu sendiri baik pelaku petani maupun masyarakat sekitarnya. Pengetahuan yang memadai tentang tehnik pengendalian OPT, bahan pengendalian yang tepat serta upaya pencegahan terhadap kesehatan dan keselamatan perlu diketahui dan difahami dengan sungguh-sungguh oleh seluruh petani.

Dalam rangka hal tersebut, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan dengan  Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) pada tanggal 7 Juni 2023 di Halaman Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh beberapa perwakilan kelompok tani perkebunan yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

BPTP Pontianak yang diwakili oleh unit Brigade Proteksi Tanaman (BPT) menghadiri undangan Disbunnak Kubu Raya sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) tersebut. Dalam acara yang berlangsung selama satu hari tersebut, BPTP Pontianak menyampaikan materi meliputi Keamanan Kerja Bidang Pertanian – Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang disampaikan oleh Sdr. Kepala Unit BPT BPTP Pontianak serta materi tentang Penggunaan Peralatan Pengendalian OPT yang disampaikan oleh Staf Teknis BPT BPTP Pontianak. Di akhir penyampaian materi, maka dilakukan praktek penggunaan alat pengendalian yang didemonstrasikan oleh petugas BPTP Pontianak dan dicoba oleh beberapa petani peserta.  



Melalui acara Sosialisasi Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan dengan  Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) ini diharapkan petani dapat menyadari pentingnya keselamatan dan keamanan kerja khususnya pada saat bekerja menggunakan bahan kimia serta peralatan mesin dalam pengendalian OPT di kebunnya sehingga jerih payah usahatani yang dilakukannya berbuah kepada produktivitas tanaman yang tinggi dengan tetap menjaga keselamatan dan kesehatan pelaku, masyarakat sekitar, dan lingkungan.

Materi Presentasi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar