Kamis, 02 Desember 2010

BELAJAR KOLEKSI OPT DI YOGYAKARTA

Pembuatan koleksi OPT (hama dan penyakit), agensi hayati dan pestisida nabati dilakukan dengan metode survei dan pengumpulan secara langsung baik perorangan maupun kelompok. Koleksi yang dibuat berupa koleksi kering dan koleksi basah OPT, agensia hayati serta koleksi pestisida nabati. Koleksi berupa foto baik foto digital (dalam bentuk CD) dan non digital (album foto) merupakan koleksi paling sederhana dilakukan karena hanya mengambil spesimen dari lapangan tanpa harus membawanya ke laboratorium untuk diawetkan.

Koleksi dalam bentuk slide; kultur kering dan kaca obyek tidak dapat dilakukan karena keterbatasan waktu dan fasilitas yang ada (kurang memadainya alat-alat yang mendukung pembuatran koleksi terutama di laboratorium). Begitu juga dengan koleksi isolat dari golongan jamur hanya dilakukan dalam bentuk koleksi dalam bentuk foto. Hal ini disebabkan keterbatasan waktu untuk melakukan isolasi jamur dari lapangan dan menumbuhkannya dalam media agar.

Pembuatan koleksi OPT hama/serangga juga bergantung pada ketersediaan spesimen hama yang dapa ditemui di lapangan, sehingga untuk mendapatkan koleksi hama yang lengkap mulai dari stadia telur, larva hingga imago dibutuhkan waktu yang tepat sesuai dengan keberadaan serangan tersebut di lapangan.

Adapun hasil kegiatan pembuatan koleksi adalah sebagai berikut : unduh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar