Kamis, 05 Juni 2014

Riam Merasap (Sanggau Ledo)

Bulan ini (Juni 2014) saya berkesempatan tugas lapang ke Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, dan ketika tugas telah selesai dijalankan, saya menyempatan diri untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di daerah ini yaitu air terjun RIAM MERASAP.

Air Terjun Riam Merasap merupakan obyek wisata alam yang terletak di propinsi Kalimantan Barat tepatnya di Desa Batang Air kecamatan Tujuhbelas (pemekaran dari Kecamatan Sanggau Ledo) Kabupaten Bengkayang.  Lokasi wisata berjarak kurang lebih sekitar 251 kilometer dari kota Pontianak (berdasarkan spedometer motor saya) melewati rute Pontianak – Sungai Pinyuh – Toho – Karangan – Simpang Darit – Bengkayang  - Ledo – Sanggau Ledo dengan waktu tempuh normal sekitar 5 jam. Sebenarnya ada rute perjalanan lainnya dari kota Pontianak yaitu melewati Kota Singkawang akan tetapi jarak tempuhnya lebih jauh. Kondisi jalan pada rute yang saya tempuh dari Pontianak meski tidak lebar dan berkelok-kelok tapi dalam kondisi baik, sehingga cukup nyaman dilalui.  Sayangnya kondisi jalan agak jelek malah dijumpai mulai dari Pasar Sanggau Ledo menuju tempat wisata karena berlubang-lubang. Dari perbatasan Indonesia – Malaysia, Riam Merasap tidak jauh hanya berjarak 10 kilometer.

Dinamakan Riam Merasap karena air terjun ini mempunyai aliran air yang deras dan dari aliran air tersebut menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh sehingga masyarakat sekitar menamainya Air Terjun Riam Merasap. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan lebar 8 meter dengan air jernih yang mengalir disana dan panorama rimba tropis khas Kalimantan membuat air terjun ini semakin indah.


Untuk mencapai ke lokasi air terjun harus berhati-hati karena jalannya sedikit terjal dan licin dan belum dibuatkan tangga untuk turun, meskipun begitu sembari berhati-hati sobat bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah. Pemerintah setempat juga memanfaatkan air terjun ini sebagai sumber listrik sehingga dibangun PLTA














Tidak ada komentar:

Posting Komentar